Kronologi Korban Plagiat Portal Batang

Kegiatan plagiat atau copy paste persis tanpa edit serta tidak mencantumkan sumber merupakan bentuk pelanggaran UU ITE. Seperti dikutip dari wikipedia Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang Undang nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum. UU ini memiliki yurisdiksi yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

Kronologi Korban Plagiat Portal Batang

Baru-baru ini di berbagai komunitas dunia maya Batang di bikin tidak nyaman oleh kelakuan web plagiat portalbatang.com, kegiatan yang dilakukan adalah mengcopy paste kontent tanpa menyertakan sumber. kegiatan ini telah memakan banyak korban berikut ini beberapa korban plagiat dari portalbatang.com.

Tribunjateng.com Korban Plagiat Portalbatang.com

Kegiatan plagiat yang dilakukan oleh portalbatang.com pada awalnya memakan korban tribunjateng.com, perbuatan ini dilakukan sekitar bulan november 2016. karena konten dari tibunjateng.com di copy paste secara membabi buta pihak tibun jateng tidak terima dan membuat postingan tentang kasus ini pada 10 november 2016. Bahkan pemred Tribun jateng, Yusran Pere menegasakan akan menempuh jalur hukum apabila kegiatan kloning ini tidak segera dientikan. 

seperti dikutip dari tribun jateng "Ini jelas plagiasi. Dan sesuai undang-undang ITE tindakan itu melanggar hukum. Kami akan melaporkan pengelola website tersebut jika tidak segera menghentikan kloning berita dari www.tribunjateng.com. Mengopi berita dan foto atau video silakan saja tetapi harus disebutkan sumbernya sebagai etika menghargai hak cipta," ujarnya, Kamis (10/11) malam.


Tribunjateng.con Korban Plagiat Portalbatang.com

Mbatang.com Korban Plagiat Portalbatang.com

Korban selanjutnya dialami oleh blog mbatang.com yang meupakan blog dari komunitas batang berkembang. kegiatan plagiat yang dilakukan portal batang sudah dilakukan sejak akhir tahun 2016, pada awaknya pengelola dari mbatang.com telah memberikan teguran tetapi tidak diindahkan malah terkesan ditantang. Akibat dari Etikat baik yang dilakukan mbatang.com tetapi tidak digubris oleh portalbatang akhirnya mbatang.com melayangkan surat terbuka yang publish pada 20 januari 2017. mungkin karena saking jengkelnya dalam surat terbukanya sampai menyebutkan data lengkap si pengelola web plagiat itu, begini kutipanya "tapi bukannya minta maaf atas perbuatannya tersebut maling ini malah sok ngeles dan mencuri artikel lagi di mBatang.Com. dia ialah pemilik blog yang bernama Agung Prio Utomo (tanpa sensor) Alamat rumahnya Jl. Pemuda Selatan Gg. Kemuning No. 06 RT 01 RW 01 Cepokokuning, Batang  Alamat di Semarang Jl Arteri Soekarno Hatta Gg Tlogotimun 1 no 11 (Sebelah SPBU Tlogosari) RT 01 RW 08 Kalicari Pedurungan Semarang." 

Mbatang.com Korban Plagiat Portalbatang.com

Pigura Warga Batang Korban Plagiat Portalbatang.com

Korban selanjutnya dialami oleh komunitas facebook Pigura Warga Batang saat group facebooknya digunakan untuk membagikan informasi hasil plagiat yang dilakukan oleh portalbatang.com. Tidak sampai disitu yang paling menjengkelkan saat foto kegiatan PWB dijadikan cover laman facebook portalbatang, lagi-lagi ini dilakukan tanpa seijin dari siempunya foto yaitu komunitas Pigura Warga Batang. Setelah kasus ini ramai di group facebook PWB tepat pada 2 Maret 2017 malam, sampul laman facebook portal batang alhamdulillah sudah tidak menggunakan foto dari Pigura Warga Batang lagi.


Apakah blog batangupdate.com juga menjadi korban plagiat? jawabanya IYESSSS

Kita lihat apa yang akan terjadi setelah kejadian ini apakah portal plagiat ini bakal bertaubat atau malah akan memakan banyak korban lagi? mari kita tunggu kisah selanjutnya.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kronologi Korban Plagiat Portal Batang"

Post a Comment